Sekilas Profile: Upakarti Retail Store

Retail SaleSourcing ServicesE-commerce Data MiningE-commerce Product Listing

Di pertengahan tahun 2019 ini, Upakarti mengembangkan usahanya dalam segmen retail ke dalam bentuk toko belanja online yang kami beri nama: Upakarti Retail Store. Upakarti mengawali dengan berjualan online koleksi fashion baju (pakaian) wanita, perempuan, anak - anak dan bayi serta beraneka aksesoris gaya busana ciri khas Indonesia. Meskipun cakupan (scope) masih bisa dikategorikan kecil/mini, akan tetapi peluang usaha ini di masa depan semoga bisa terus berkembang menyongsong generasi para android yang sebagian waktu hidupnya banyak didominasi penggunaan internet sehingga model/gaya belanja juga serba online. Kini persaingan usaha e-commerce di Indonesia pun sudah sangat pesat dibandingkan awal tahun 2010-an. Ada yang sudah gulung tikar, ganti kepemilikan, injeksi dana investor dan berbagai model bisnis silih berganti. Raksasa e-commerce juga banyak tumbuh di Indonesia dan hal ini menjadi tantangan tersendiri, teringat pepatah kolega: "Our $10 profit could be their $10.000 sales, stand on your feet and move forward."


Selayang Pandang: Sekilas Tentang Upakarti

Perpaduan aktivitas online dalam dunia blogger dan e-commerce menyatukan sebuah inspirasi untuk terjun langsung dalam aktivitas jual beli (belanja) online. Dikarenakan kesibukan dalam manajemen data e-commerce para klien pada tahun - tahun sebelumnya, ide untuk membuka dan menjalan usaha toko online pun sempat terhambat. Berawal di tahun 2004, Upakarti mulai menekuni bidang sourcing dan trading produk - produk furniture dan handicraft di Bali untuk ekspor. Selaku pribadi, di tahun 2006/2008 pernah juga bergabung dalam HEPP (Handicraft Export Promotion Program) oleh institusi internasional membantu SME (Small Medium Enterprise) atau kita lebih mengenalnya dengan istilah UKM.

Selanjutnya, pengalaman dalam marketplace internasional seperti Amazon dan Ebay dalam manajemen inventori dan listing produk serta Google Product Data Feeds juga dikerjakan dalam aktivitas kerja. Sebuah pengalaman yang berharga dan membuka wawasan dunia e-commerce internasional yang pada akhirnya membuka peluang untuk menerima beberapa klien internasional USA & Canada, Australia dan beberapa negara di Eropa.

Kecintaan pada dunia e-commerce dan sebuah karya digital open e-commerce platform semenjak tahun 2008 dan konsisten untuk menekuninya membawa hasil yang positif dan optimal. Berbagai kemudahan akses, baik fasilitas koneksi internet 4G dan fitur - fitur e-commerce platforms serta aset - aset digital lainnya menjadikan motivasi untuk terus berusaha/berupaya berkreasi dalam bidang jual-beli online.

Dalam langkah fase permulaan ini, Upakarti merupakan dropship reseller dari beberapa brand produk pakaian (apparel) dan aksesoris. Seiring perkembangan waktu, tidak menutup kemungkinan akan menambah berbagai produk - produk baik best seller atau varian baru di segmen pasar e-commerce Indonesia.


TIM UPAKARTI

Upakarti Founder
Co-Founder Upakarti
Investor Upakarti
Investor Upakarti
Junior Member Upakarti